joyce

Tuesday, September 12, 2006

RESEP BAKSO

ANEKA BAKSO
Homemade Bakso Isi Telur Ala Ine
Source : Ine
Baso ini bisa di tambah sayuran misalkan sawi hijau, wortel, kacang
polong, kembang kol atau brokoli, agar gizi anak2 terpenuhi. Tergantung
sayur apa yang di sukai oleh anak2 kita, yang dewasa manut aja ya! resep
ini sudah jadi masakan rutin dapurku. (Ine)
Bahan :
250 gr daging ayam cincang halus
3 sendok makan tepung kanji
1 butir putih telur
garam, merica secukupnya
1 sm bawang putih goreng di haluskan
10 butir telur puyuh rebus, di kupas
1 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih, di memarkan
1000 cc kaldu ayam
2 batang daun bawang, di potong halus
2 batang seledri, di potong halus
Cara Membuat :
1. Campur jadi satu, daging ayam, tepung kanji, putih telur, garam
dan merica, bawang putih goreng halus, aduk sampai rata.
2. Bagi adonan jadi 10 sama besar, masing masing isi bagian
tengahnya dengan 1 butir telur puyuh, kemudian bentuk bulat.
3. Didihkan kaldu, masukkan baso satu persatu.
4. Bubuhkan garam dan merica.
5. Tumis bawang putih memar dengan sedikit minyak sampai kuning dan
harum, masukkan pada kuah baso beserta minyaknya.
6. Taburi daun bawang dan sledri sebelum di sajikan.

Homemade Bakso Ala Dewi Anwar
Original Recipe by: Dewi Anwar [dewi at trubagroup dot com]
Bahan :
1 kg Daging has dalam
3 btr Telor
500 gr Sagu tani
Merica
Garam
Bawang putih, giling halus
Bawang goreng
Seledri, iris halus
1 sdt Soda kue
Cara Membuat :
1. Bawa bahan-bahan ke tukang gilingan bakso (di pasar ciputat ada
tuh tapi harus pagi2 banget, jam 07.00 dia udah tutup. Nanti oleh tukang
gilingnya, daging kita dicincang dulu pake alat yg buat getuk lindri
itu, nah setelah itu baru diputer di alat baksonya, sambil diputer
dimasukin bahan2 & bumbu2 lainnya, diberi es batu... kalo udah lembut
baru dimatiin mesinnya... bayar Rp. 2000... nah bawa pulang deh adonan
"jadi" tsb...)
2. Bulatkan adonan dengan menggenggam adonan ditelapak tangan,
nanti adonan yg keluar dari lubang diantara jempol dan telunjuk diambil
pake sendok.
3. Cemplungkan ke air mendidih, tunggu sampai bakso mengapung,
angkat.
Catatan :
* Kalo belom mau dimasak bisa simpen dulu di freezer.
* Tukang giling di pasar ini laris manis lho...tukang2 bakso
keliling juga giling baksonya disini...

Homemade Bakso Ala Hanni
Original Recipe by: Atikah Hanni, Setyiawan [atikahhanni_fhs at cyberia
dot jo]
Bahan :
1/2 kg daging sapi giling
1/2 kg daging ayam giling
1/2 sdt baking powder
150 gr tepung kanji (bisa ditambahkan jumlahnya tergantung selera)
1 sdm garam
1/2 sdt lada
1-2 butir putih telor
2 siung bawang putih diuleg halus
Cara Membuat :
1. Siapkan air dalam panci untuk merebus adonan bakso.
2. Campur semua bahan, uleni sampai halus , tercampur rata dan
kira2 bisa dibentuk.
3. Bentuk adonan dengan menggunakan sendok atau bentuk bulat-bulat.
Jika ingin jadi bakso telur puyuh, adonan diisi telur puyuh rebus baru
dibulat-bulatkan.
4. Rebus adonan bakso sampai mengapung.
5. Setelah bakso matang, tampung bakso dalam mangkok yang berisi es
batu, setelah itu baru ditiriskan.

Kuah Bakso
Resep by Rudi Choirudin
Bahan :
Kaldu tulang sapi
Irisan daging and gajih sapi
Bawang putih yang digeprek dan diiris-iris
Lada
Garam
Salam Dari Tanah Para Nabi,
Hanni

Bakso Goreng Gampang Inget
Source : Yenny [vanesa at centrin dot net dot id]
Bahan :
100 gr udang cincang
100 gr ayam cincang
100 gr sagu
1 butir telur .
garam
lada
gula
bumbu ngohiong (kalau suka)
Cara Membuat :
1. Semua bahan diaduk jadi satu.
2. Goreng bulat-bulat (ngebuletin pake sendok aja dan sengaja "
asal cemplung aja " supaya nga terlalu bulet, ada sisi 2 yang nanti
lebih garing.
Catatan :
Jadinya luarnya garing , dalam nya kenyal.
Kalo suka bisa disajikan dengan kuah gaya baso malang gitu ..

Bakso ala Enni Purwanty [enni.purwanty@epson.co.id]
Bahan:
1 Kg Daging giling
2 Telor ayam
100 gr Tepung kanji/tapioka
150 gr Tepung terigu
1/4 sendok teh soda kue

Cara buat:
Putih telor dengan daging giling di campur rata kemudian masukkan
tepung2nya beserta soda kue Tambahkan garam secukupnya (menurut selera)
kemudian, cacah kembali adonan tsb spy lebih halus.....
Tambahkan air secukupnya (sampai adonan jadi liat tapi tidak lengket)
Beri bawang putih sedikit (bila suka, tapi lebih enak jika diberi bw
putih) kemudian bentuk bulat2....lalu rebus

bon a petite :)

Bakso ala Dwimiarsih, Sydney [dwiamiarsih@yahoo.com]
Bahan:
1 kg beef mince/daging giling (kalo aku suka yg non-lemak)
4 putih telur
250 gr tepung sagu
10 siung bawang putih - haluskan
6 cube es batu
1/2 sdt soda kue
1 sdm garam
1 sdt bubuk kaldu sapi
1/2 sdt lada bubuk

Cara membuat:

* Campur semua bahan, kecuali es batu
* Uleni sambil dibanting2 kl 15 minutes
* Giling dg food processor bersama es batu sampe homogen dan berwarna
putih (kalo nggak ada food processor, bisa pake gilingan daging
onthelan)
* Bulet2in, rebus di air mendidih sampe mengapung
* Note: makin lama nguleni dan mmakin segar daging, bakso makin kenyal

Utk bakso ayam dan ikan, kl sama. Cuma ikan dan ayam nggak perlu pake
bubuk kaldu, krn nanti rasanya terlalu gurih, jadi enek.


Baso rumah (irma.aryani@id.panasonic.com)

Bahan Baso:

-400 gr daging cincang halus (inget loh, bener2 halus) -200 gr sagu cap
sagu tani
-1/2 sdt baking soda
-2 bt daun bawang iris halus
-3 siung bawang putih haluskan
-2 btr telur ayam
-1 sdm bawang goreng
-2 sdm minyak goreng
-garam - gula - merica secukupnya

Cara membuat:
Campur semua bahan di food processor atau diuleni dengan tangan hingga
tercampur rata Buat bulatan baso lalu masukkan ke air panas sampai baso
terapung.

Kuah Baso:
1 bh dengkul sapi (beli dipasar) dimasak dengan api kecil Biarkan diapi
kecil tambahkan garam - gula - merica.

Baham Pelengkap:
-bihun/soun
-daun sawi hijau/pakcoy
-bawang goreng - daun bawang - tongcay
-sambal rawit

Penyajian:
-Susun bahan dimangkuk
-Beri kuah dan baso

Saus Tomat ala Nana
Sumber : Arfi Binsted (fie_71 at yahoo dot com)
Bahan :
5 kg tomat segar
450g kismis
4 buah bawang bombay gede
4 sdt lada item
4 sdt allspice
1 kg apel segar
4 cups malt vinegar
1 sdt bubuk cayenne pepper
500g gula putih (boleh tambah kalo jenis tomatnya asem)
2 sdm jahe bubuk
2 sdm garam
Cara Membuat :
1. Semua bahan diproses di food processor ato blender. Bertahap
loh.
2. Terus masak ampe sausnya kental (awasi jangan sampe gosong
bawahnya). Saring.
3. Masukkin ke botol yang udah disteril.
Note dr ibu mertua :
kalo ternyata terlalu kental tambahin cuka aja.

Note dari aku :
aku alusin dulu lada itemnya (tapi kalo pake bubuk tinggal proses aja).
jangan lupa dicicip ya!!

Mie Bawang
by Mbak Ine
Back to Nature......
Mie basah di bikin dengan rasa bawang putih, tanpa air abu, lalu masak
dengan digoreng campur aneka sayur. Bumbunya untuk menggoreng ... BAWANG
PUTIH lagi, dengan aneka sayuran dan sedikit daging. Rasanya.....
enak....kenyal...dan pasti...Mie Segar, tanpa formalin. (Ine)
Bahan mie:
300 gr Tepung Cakra
2 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
3 siung bawang putih di haluskan, campur dengan 80 cc air
Bahan Mie goreng:
4 siung bawang putih di geprek
1 ruas jahe, memarkan
2 sdm minyak goreng
30 gr daging ayam, iris kecil2
30 gr udang kupas kecil
1 butir telur, kocok lepas
dua genggam taoge (kira kira 100 gram)
2 lembar daun bawang iris 1 cm
2 lembar sawi putih iris halus
1 bonggol sawi hijau, iris
2 sdm kecap asin
2 sdm angciu (optional)
1 sdm kecap ikan
5 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1/2 sdt gula (pengganti vetsin) (optional)
CARA:
Mie:
1. Campurkan semua bahan kering, pecahkan telur di tengah,
tambahkan minyak goreng, aduk2, sambil tambahkan air sedikit
demi sedikit, aduk sampai lama dan kalis.
2. Kalau menggunakan mixer besar, mengaduk bisa pakai pastry hook.
3. Setelah kalis, istirahatkan selama 30 menit.
4. Bagi menjadi 3 bagian, tiap bagian di tipiskan menggunakan pasta
maker dari paling tebal, bertahap sampai ketipisan yang
di inginkan sbg berikut:
** ukuran paling tebal, 10 kali, setiap kali menggilas, lipat jadi dua
bagian.
** ukuran lebih tipis, masing2 dua kali, sampai pada ketebalan yang kita
inginkan.
5. Setiap menipiskan, ketika lembaran berasa lembab, taburi dengan
sedikit terigu.
6. Iris dengan gilingan mie.
7. Siapkan air untuk merebus mie, tambahkan 1 sdm minyak goreng.
8. Rebus mie sekitar 1 sampai 2 menit, tiriskan, tambahkan 1 sdm
minyak, agar mie tidak lengket satu sama lain. Sisihkan.
Memasak mie goreng:
1. Tumis bawang putih, jahe dan minyak sampai harum, masukkan ayam
dan udang, aduk sampai berubah warna, tuangkan telur kocok, sambil di
kacaukan.
2. Tuangkan kecap asin, kecap ikan, angciu, kecap manis, garam,
merica.
3. Masukkan sayuran, aduk sebentar, masukkan mie yang sudah
direbus. Aduk sampai semua bumbu meresap.
Sajikan segera selagi hangat.
Untuk 5 orang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home